Baju Batik yang Kamu Pakai Itu Belum Tentu Batik Asli Lho. Awas Pakai Baju Batik “Palsu”!

Baju Batik Tulis – Sejak tahun 2009, bertepatan pada 2 Oktober sudah jadi hari yang membanggakan untuk kita masyarakat Indonesia. Alasannya, batik sudah diakui bagaikan peninggalan kemanusiaan buat budaya lisan serta non bendawi oleh UNESCO. Makanya tidak heran tiap bertepatan pada 2 Oktober kita banyak memandang sahabat ataupun kerabat pamer mengenakan baju batik tradisional di sosmed. Katanya sih, bangga mengenakan batik serta mereka seakan- akan lagi melaksanakan kedudukannya dalam melestarikan budaya lokal kita.

artis korea yang memakai batik

Tetapi sebetulnya terdapat satu hal yang sedikit mengusik serta jadi permasalahan, apa benar yang kamu gunakan itu betul- betul batik? Ataupun jangan- jangan hanya hanya kain tekstil yang menggunakan motif batik saja?

Terkait dengan penafsiran batik, selama ini banyak orang yang salah kaprah tentang arti batik yang sesungguhnya. Jadi, batik itu tekniknya, kainnya, ataupun motifnya sih?

Bagi Kamus Besar Bahasa Indonesia, batik sendiri merupakan “kain bergambar yang pembuatannya secara spesial dengan menuliskan ataupun menerakan malam pada kain itu, setelah itu pengolahannya diproses dengan metode tertentu.”

Bila dilihat dari penafsiran tersebut, kita dapat merumuskan kalau suatu kain sejatinya dikatakan sebagai batik kalau terdapatnya keterlibatan proses tertentu, semacam pemakaian “malam” ataupun parafin dalam pembuatannya. Sayangnya, saat ini ini banyak orang yang kurang mengerti arti filosofi batik yang sesungguhnya. Sepanjang suatu kain memiliki motif unik yang khas, hingga mereka dapat saja menganggap sebagai batik.

Tanpa bermaksud untuk mengecilkan batik sablon ataupun batik print, tetapi kalau seluruh orang dapat melabeli kain bermotifnya dengan istilah batik, kasihan pula kan seniman- seniman pembatik tradisional yang telah bersusah payah menuangkan waktunya buat membuat batik dengan metode tradisional yang cukup menguras waktu.

Tags: